Home / Berita Umum / Tangkap Kerang Raksasa Di Thailand, Artis Korsel Di Ancam 5 Tahun Bui

Tangkap Kerang Raksasa Di Thailand, Artis Korsel Di Ancam 5 Tahun Bui

Tangkap Kerang Raksasa Di Thailand, Artis Korsel Di Ancam 5 Tahun Bui – Satu orang aktris muda asal Korea Selatan (Korsel) terancam hukuman lima tahun penjara lantaran tangkap kerang raksasa yg terancam punah di Thailand. Tindakan ini dijalankan si aktris dalam suatu reality show Korsel yg syutingnya dijalankan di ruang Taman Nasional Hat Chao Mai, Thailand, yg dilindungi pemerintah.

Seperti ditulis AFP, Sabtu (6/7/2019), aktris bernama Lee Yeol-eum (23) ini terekam sedang menyelam serta tangkap dua kerang raksasa di ruang taman laut Thailand dalam siaran reality show berjudul ‘Law of the Jungle’ yg sangatlah tenar di Korsel. Adegan tangkap kerang raksasa itu ditampilkan 30 Juni waktu lalu.

Dalam episode yg direkam April lalu, Lee berteriak ‘Saya menangkapnya!’ sekalian mengepalkan tangan ke atas seusai ambil dua kerang raksasa dari basic lautan. Kerang raksasa didapati masuk dalam daftar spesies yg terancam punah serta dilindungi dibawah ketentuan hukum Thailand.

Photo Lee yg sedang membawa kerang raksasa tersebar luas dengan online, sampai pada akhirnya photo itu menimbulkan perhatian otoritas Thailand.

Kepala Taman Nasional Hat Chao Mai, Narong Kongaid, menjelaskan terhadap AFP kalau dirinya sendiri udah ajukan dua laporan pada Lee atas gugatan melangkahi ketentuan hukum Taman Nasional serta Undang-undang (UU) Perlindungan Satwa Liar Thailand. Gugatan diserahkan pada Rabu (3/7) waktu ditempat.

“Ia (Lee-red) dapat dijatuhi hukuman lima tahun penjara,” ujar Narong terhadap AFP.

Aktris Korea, Lee Yeol-eum, kala tangkap kerang raksasa di ThailandAktris Korea, Lee Yeol-eum, kala tangkap kerang raksasa di Thailand Photo: Screengrab of TV show Law of the Jungle lewat Kanal News Asia

Perusahaan produksi yg bertanggungjawab atas reality show itu udah mohon maaf terhadap otoritas Thailand. Tapi Narong menyatakan proses hukum mesti terus berjalan. “Namun ini perkara kriminil serta kami tak dapat mencabut laporan,” tegasnya.

Ditambah lagi Narong kalau Kepolisian Thailand bakal cari teknik untuk menemukannya Lee, kendati ia tidak di Thailand . Lepas dari itu, kendati laporan kriminil udah diserahkan ke polisi, saat ini tergantung pada jaksa ditempat untuk hendak memutuskan apa Lee bakal diduga serta diadili atau kasusnya bakal digugurkan.

Lee terancam hukuman lima tahun penjara untuk pelanggaran pada ketentuan hukum Taman Nasional, atau hukuman empat tahun penjara untuk pelanggaran UU Perlindungan Satwa Liar. Ke dua ketentuan hukum pula mengendalikan hukuman denda sampai 20 ribu Baht (Rp 9 juta).

Dalam pengakuan pada Jumat (5/7) waktu ditempat, reality show ‘Law of the Jungle’ memberikan ‘permohonan maaf mendalam’ lantaran tak mengerti ketentuan hukum di Thailand. “Kami akan tambah waspada atas beberapa tindakan kami saat menghasilkan acara di masa yang akan datang,” demikian pengakuan mereka.

Lee yg kiprah jadi aktris lebih kurang enam tahun kemarin ini didapati bertindak dalam beberapa drama Korea, seperti ‘My First Love’ serta ‘Monster’ serta sudah pernah menjadi bintang film box office Korea berjudul ‘The King’ yg dilaunching tahun 2017 waktu lalu.

About penulis77